- Menurut saya pascal bisa banyak membuat aplikasi tergantung dari keinginan user / pengguna pascal
cth :
1.Aplikasi Pengurut Bintang
Aplikasi Pengurut Bintang adalah aplikasi untuk mengurutkan dari satu bintang,dua bintang,tiga bintang,sampai jumlah bintang terakhir sesuai dengan jumlah yang kalian inginkan.
Masih belum mengerti ? Mungkin bisa lihat gambar diatas.
Skrip yang digunakan cukup sederhana kok,silahkan dipelajari..
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 | program bintang; uses wincrt; {Saya pakai Turbo Pascal for Windows 1.5} var a,b,c: integer ; {Variabel a,b,c saya set ke integer} begin write ( 'Masukkan Jumlah Bilangan..' ); readln(c); for a:= 1 to c do begin for b:= 1 to a do write ( '*' ); writeln ; end ; end . |
2.Aplikasi Penentu Segitiga
Aplikasi ini digunakan untuk menentukan Jenis Segitiga yang ingin diketahui,dilihat dari panjang sisi A,sisi B,dan sisi C nya.
Sintaksnya mudah kok,silahkan dipelajari..
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 | program penentu_segitiga; uses wincrt; var a,b,c,i,j: integer ; begin write ( 'Masukkan Panjang Sisi A..' ); readln(a); write ( 'Masukkan Panjang Sisi B..' ); readln(b); write ( 'Masukkan Panjang Sisi C..' ); readln(c); i:=sqr(c); j:=sqr(a) + sqr(b); if (i<j) then writeln ( 'Segitiga Lancip' ) else if (i=j) then writeln ( 'Segitiga Siku Siku' ) else writeln ( 'Segitiga Tumpul' ) end . |
3.Aplikasi Segitiga Pythagoras
Pernah belajar Teorema Pythagoras ? Itu lho rumus untuk mencari sisi miring sebuah segitiga siku siku.
Tertarik membuat aplikasinya ? Sangat mudah kok,apalagi jika menggunakan bahasa Pascal,berikut sintaksnya :
1 2 3 4 5 6 7 8 9 | program pythagoras; uses wincrt; var a,b,c: integer ; begin write ( 'Masukkan Panjang Sisi A..' ); readln(a); write ( 'Masukkan Panjang Sisi B..' ); readln(b); c:=a*a+b*b {Bisa juga dengan 'c:=sqr(a) + sqr(b);'} writeln ( 'Panjang Sisi C adalah..' ,sqrt(c)); end . Hormat saya : Andre Saputra |
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon