program hitung_lingkaran; usescrt; typewarna=(merah, kuning, biru); constPI=3.14; varjari2:integer=7;warna_lingkaran:warna=merah; function luas_lingkaran:real;begin luas_lingkaran:=PI*jari2*jari2;end; procedure kel_lingkaran(jari2:integer);begin write('Keliling Lingkaran = '); writeln(PI*(jari2+jari2):4:2, ' cm');end; beginclrscr;writeln('==PROGRAM MENGHITUNG LUAS LINGKARAN==');writeln('==---------------------------------==');writeln('Diketahui: jari-jari lingkaran = ',jari2,' cm');writeln('Warna Lingkaran = ',warna_lingkaran);writeln('Luas Lingkaran = ',luas_lingkaran:4:2, ' cm');kel_lingkaran(jari2);readln;end. |
Kode program diatas cukup panjang, namun sekali lagi anda tidak perlu memahaminya. Saya akan membahas kode-kode diatas dalam tutorial pascal lainnya. Kali ini kita hanya fokus kepada struktur program. Berikut penjelasannya dari struktur diatas:
Nim: 201712007
Kelas: Reguler B
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon