program hitung_lingkaran; uses crt; type warna=(merah, kuning, biru); const PI= 3.14 ; var jari2: integer = 7 ; warna_lingkaran:warna=merah; function luas_lingkaran: real ; begin luas_lingkaran:=PI*jari2*jari2; end ; procedure kel_lingkaran(jari2: integer ); begin write ( 'Keliling Lingkaran = ' ); writeln (PI*(jari2+jari2): 4 : 2 , ' cm' ); end ; begin clrscr; writeln ( '==PROGRAM MENGHITUNG LUAS LINGKARAN==' ); writeln ( '==---------------------------------==' ); writeln ( 'Diketahui: jari-jari lingkaran = ' ,jari2, ' cm' ); writeln ( 'Warna Lingkaran = ' ,warna_lingkaran); writeln ( 'Luas Lingkaran = ' ,luas_lingkaran: 4 : 2 , ' cm' ); kel_lingkaran(jari2); readln; end . |
Kode program diatas cukup panjang, namun sekali lagi anda tidak perlu memahaminya. Saya akan membahas kode-kode diatas dalam tutorial pascal lainnya. Kali ini kita hanya fokus kepada struktur program. Berikut penjelasannya dari struktur diatas:
Nama: Ari Oktavianus BuyungNim: 201712007
Kelas: Reguler B
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon