Cara Menjadi Seorang Programer
Menjadi seorang programmer (pemrogram) adalah proses pengembangan keahlian secara bertahap setiap harinya. Memprogram bisa menjadi seru dan juga menguntungkan (baik dari segi mental, spiritual, ataupun finansial).
- 1Ikuti pelatihan dasar pada salah satu (atau semua) disiplin ilmu berikut ini:
- Logika
- Matematika diskrit
- Bahasa pemrograman (disukai C++/Java/Python untuk pemula)
- 2Pelajaran konsep basis data seperti tabel, view/query dan prosedur. Anda dapat menggunakan aplikasi basis data simpel, seperti:
- MS Access
- DB V
- Fox Pro
- Paradox
- MySQL merupakan aplikasi basis data yang baik untuk dipelajari karena gratis dan juga umum diakses dengan query SQL.
- 3Tentukan tipe pemrogram seperti apa yang Anda inginkan. Beberapa jenis pemrogram yang bisa Anda perdalam antara lain:
- Pemrogram web
- Pemrogram aplikasi desktop
- Pemrogram Sistem Operasi (SO), yang mendalami satu SO atau beberapa OS sekaligus
- Pemrogram platform
- Pemrogram aplikasi terdistribusi
- Pemrogram inti library/platform/framework
- Pemrogram sistem
- Pemrogram kernel
- Pemrogram driver
- Pemrogram compiler
- Ilmuwan bahasa pemrograman
- 4Pelajari teknologi dan bahasa pemrograman sesuai dengan bidang pemrograman yang Anda pilih. Bagian berikutnya kita akan membahas tentang jenis-jenis bahasa pemrograman.
1 Pemrograman Web
- 1Ketahui apa yang wajib dimiliki oleh seorang pemrogram web. Aplikasi web adalah komponen perangkat lunak yang dirancang untuk beroperasi pada jaringan internet. Artinya, aplikasi ini diakses melalui aplikasi peramban seperti Mozilla Firefox atau Internet Explorer. Untuk membuat program berbasis web, Anda tidak harus terhubung ke suatu jaringan internet. Aplikasi-aplikasi web dibangun di atas teknologi web standar, seperti:
- 2Jelajahi berbagai halaman web untuk melihat seperti apa bahasa yang digunakan (Klik kanan pada halaman, pilih View Source atau tekan F12). Lihat perbedaan pada masing-masing jenis/konten halaman, bukan jumlah halamannya. Biasanya Anda perlu mengunjungi minimal salah satu dari beberapa situs web berikut:
- Situs-situs perusahaan (perusahaan komersial, perusahaan/lembaga nonprofit, lembaga pemerintah)
- Mesin pengindeks web (mesin pencari, situs pencari meta, mesin pencarian khusus, direktori)
- Situs pengolah data
- Situs pribadi
- Halaman informasi/ensiklopedia (wiki, lembaran data, spesifikasi teknis, direktori daftar manual, blog dan jurnal, situs berita dan kantor berita, situs daftar alamat, dll.)
- Situs sosial (portal sosial, situs bookmark (pemarkah), situs catatan)
- Situs kolaborasi (termasuk kategori lain yang disebutkan di atas, seperti wiki dan blog)
- 3Pelajari minimal satu teknik/metode brainstorming dan perangkat lunak yang digunakan untuk menerapkan cara ini. Contoh: diagram brainstroming dan MS Visio.
- 4Perdalam pengetahuan Anda mengenai struktur situs web. Ini berarti membuat konsep diagram web, peta situs dan struktur navigasinya.
- 5Ikuti pelatihan kilat desain grafis. Pelajari setidaknya satu jenis aplikasi untuk mengedit atau memanipulasi grafis (opsional namun sangat dianjurkan).
- 6Pelajari dasar-dasar infrastruktur internet. Ini berarti memahami dasar-dasar tentang:
- Protokol-protokol dasar layanan web (HTTP, FTP, SMTP, dan POP3 atau IMAP4)
- Perangkat lunak server web (pelajari satu saja yang akan paling sering digunakan)
- Perangkat lunak peramban web.
- Perangkat lunak server dan klien surel
- 7Pelajari bahasa pemrograman HTML dan CSS. Anda sebaiknya menggunakan perangkat lunak "What You See Is What You Get" untuk mengedit HTML.
- 8Pelajari teknologi terkait XML dan XML, seperti XSL dan XPath (opsional namun sangat dianjurkan).
- 9Buatlah situs web statis biasa sampai Anda memahami HTML.
- 10Pelajari bahasa pemrograman berbasis klien. Kebanyakan pemrogram mempelajari JavaScript. Sebagian pemrogram mempelajari VBScript, namun sering kali tidak kompatibel dengan beberapa peramban yang sering digunakan.
- 11Perdalam bahasa skrip berbasis klien. Kuasai bahasa ini. Lanjutkan ke tahap berikutnya hanya jika Anda telah menguasai bahasa ini.
- 12Pelajari minimal satu bahasa pemrograman berbasis server. Jika Anda mempelajari hanya satu aplikasi server, pelajari salah satu bahasa pemrograman yang mendukung perangkat lunak tersebut. Jika tidak, pelajari minimal satu bahasa pemrograman dari setiap aplikasi server.
- 13Buatlah proyek contoh setelah Anda selesai mempelajari bahasa pemrograman berbasis server.
- 14Ciptakan situs web Anda sendiri dan lakukan banyak latihan di sana.
2 Pemrogram Aplikasi Desktop
nama:elisabet indiana
kelas:reguler A
nim:201712010
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon